Laman

Firefox: Panas & Proses CPU yang Berlebihan


Anda pengguna browser Firefox? apakah anda sering mengalami masalah komputer anda over heat setelah menggunakan Firefox? hal ini yang membuat saya mencari tahu kenapa laptop saya terkesan panas ketika saya menggunakan browser ini. Seletah mencari-cari di beberapa halaman web ternyata saya menemukan jawabannya. Prosesor menjadi panas karena sekarang semakin banyak halaman web yang menggunakan flash baik banner, iklan maupun game.Hal ini boleh dikatakan wajar karena dengan menggunakan animasi flash tentu halaman web akan menjadi lebih menarik. Akan tetapi dengan menggunakan flash ini menyebabkan kerja CPU komputer kita semakin berat sehingga bila di lihat dari prosesnya hampir menggunakan lebih dari setengah kemampuan prosesor. Bagi pengguna PC hal ini mungkin tidak menjadi masalah karena posisi CPU yang berada di jarak yang relatif jauh dengan posisi tubuh kita dan pengguna PC daat menggunakan pendingin secara coustome yang lebih baik seperti water cooling. Lalu bagaimana bagi pengguna yang menggunakan laptop, netbook, maupun gadget2 yang berukuran kecil dan kapasitas CPUnya kecil saya pikir akan mengalami sedikit kendala. Saya sendiri merasakan dengan laptop dengan clock prosesor 2.0 GHZ dan memori 1 Ghz saja browser akan hang setelah memainkan game online flash seperti Car Town lalu bagaimana dengan yang menggunakan processor atom? Mungkin para pengembang web sebaiknya memikirkan untuk beralih ke HTML5 siapa tahu permasalahan ini bisa diatasi bukan dengan men disable fungsi flash di browser.
Selain adanya flash, penyebab lain mengapa Firefox memakan banyak resource processor dan mengakibatkan panas berlebihan ketimbang browser lainnya adanya banyaknya addons yang diinstall pengguna. Bagi mereka yang tidak menginstall plugins tambahan atau hanya menggunakan addons default saya rasa tidak akan cepat overheating tetapi setelah ditambah addons maka firefox pun menyebabkan kerja prossesor semakin berat dan kadang setelah di close firefox masih belum bisa diclose dan masih proses dengan menakan hampir setengah dari memory kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar